‘MAS PAS’ AKAN SELENGGARAKAN DIKLAT JURNALIS DAN FOTOGRAFER

Kalirejo, pkspasuruan.org—Berikut disampaikan informasi  lengkap pelatihan  jurnalistik dan fotografi internal PKS Kabupaten Pasuruan dengan tema “MERADAR KONTRIBUTOR PROGRAM/ BERITA PKS KABUPATEN PASURUAN DAN PENGGERAK RELAWAN KOMUNITAS”. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Humas DPD Kabupaten Pasuruan (Mas Pas) bekerja sama dengan beberapa media online lokal di Pasuruan.

Agar ‘tak jadi masalah’ maka proposal ini dibuat seperti ‘penampakan’ aslinya agar tidak mengurangi keformalan kegiatan yang rencananya akan dijadikan titik awal bagi PKS Kabupaten Pasuruan guna senantiasa memberi informasi tentang  ‘PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT’ kepada masyarakat disetiap ‘jengkal’ bumi Allah di tanah untung suropati ini. (mas pas)

LATAR BELAKANG

Kebutuhan untuk terus memberi informasi, berita dan foto-foto aktivitas partai kepada kader, simpatisan, bahkan ke masyarakat umum membutuhkan media dan sumber daya manusia yang cukup. Bukan hanya itu, proses komunikasi melalui tulisan dan gambar atau foto kepada khalayak juga dituntut untuk memenuhi standar-standar jurnalistik khususnya jurnalistik online baik konten tulisan/foto yang ditampilkan maupun sumber daya manusia yang melakukan.

Sebagaimana kita ketahui, jurnalistik online adalah jurnalistik yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan berita atau foto yang akan diterbitkan. Online juga membutuhkan sumber daya manusia dalam hal ini kontributor yang banyak, bahkan idealnya setiap desa 1 kontributor.

Sebagai situs berita internal, pkspasuruan.org yang baru 1 bulan ini diaktifkan secara massif ingin berusaha memenuhi standar jurnalistik online, sebagai proses belajar dan tumbuh. Walaupun tidak dalam tataran ideal namun kita berusaha situs ini menjadi alat komunikasi efektif bagi PKS PASURUAN dengan para kader, simpatisan, tim sukses, masyarakat umum, dan pemerintah kabupaten Pasuruan.

Atas dasar pemikiran inilah, Bidang Kehumasan DPD PKS Kabupaten Pasuruan akan melaksanakan PELATIHAN JURNALISTIK DAN FOTOGRAFI untuk para kader, simpatisan, tim sukses PKS Kabupaten Pasuruan

LANDASAN KEGIATAN

  1. Amanah MUNAS, MUSWIL DAN MUSDA PKS
  2. Hasil Rakorda PKS Kabupaten Pasuruan
  3. Program Kerja Bidang Kehumasan bulan April 2016

NAMA DAN TEMA KEGIATAN

  1. Kegiatan ini bernama

Pelatihan Jurnalistik Tingkat dan Fotografi Internal PKS Kabupaten Pasuruan

  1. Tema kegiatan

Pelatihan Jurnalistik ini bertema “MERADAR KONTRIBUTOR PROGRAM DAN BERITA (NEWS) UNTUK MEDIA PKS KABUPATEN PASURUAN”

MAKSUD DAN TUJUAN

Tujuan diselenggaarakan kegiatan pelatihan Jurnalistik ini

  1. Memberi Pengetahuan dasar dan praktik langsung kemampuan mengumpulkan data dan menyusun berita singkat
  2. Memberi Pengetahuan dan praktik langsung kemampuan memaksimalkan pengambilan foto-foto kegiatan dengan menggunakan foto/gambar dengan menggunakan kamera pocket atau kamera hp dengan besar pixel tertentu.
  3. Memilih kontibutor news pkspasuruan dan calon penggerak relawan komunitas yang berasal dari unsur-unsur Dapil, DPC, Ketua Bidang dan wajiah.
  4. Mensosialisasikan juknis pengiriman data berita untuk upload dan share baik di situs maupun di akun pribadi para peserta.
  5. Membantu peserta mengaplikasikan UUD Nmr.40 tahun 1999, Pasal 6 yakni : “Pers nasional mempunyai peranan penting dalam memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mengembangkan pendapat umum, dengan menyampaikan informasi yang tepat, akurat dan benar. Hal ini akan mendorong ditegakkannya keadilan dan kebenaran, sert diwujudkannya supremasi hukum untuk menuju masyarakat yang tertib”

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Pelatihan jurnalistik dan fotografi ini akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 17 April 2016 di Bangil atau di Prigen (menyusul)

SASARAN KEGIATAN

Sasaran dari kegiatan ini adalah perwakilan dari Dapil, Bidang DPD, Utusan DPC terpilih, Mitra Strategis. Sedangkan Persyaratan peserta adalah sebagai berikut:

  1. Bersemangat dan menyenangi tehnologi informasi
  2. Punya kamera saku digital atau kamera hp minimal 5 mgpixel
  3. Minimal memiliki 1 akun di sosmed
  4. Resmi ditunjuk oleh Lembaga/Instansi/Institusi

SEKERTARIAT

Informasi dan Pendaftaran bisa dilakukan di sekretariat di no wa  082330081486/

JADWAL KEGIATAN

Kegiatan akan dilaksanakan mulai jam 08.00-16.30. Gambaran umum kegiatan adalah Pembukaan, 3 Penyampaian Materi dan Praktik, dan Penutupan

NARA SUMBER DAN MATERI

Mengenai rincian pembicara dan materi dalam pelatihan ini dapat diuraikan sebagai berikut:

NO PEMBICARA WAKTU MATERI
1. WARTAWAN ONLINE LOKAL 09-11 Teknis mengumpulkan data menulis Berita ‘news’
2. RPF DPW PKS JATIM 13-15 Teknik Fotografi by hp/kamera digital pocket
3. MAS PAS 11-12

Dan 15.30-16.30

Juknis Upload dan sebar Berita  berita di pkspasuruan.com dan fb

PESERTA YANG WAJIB IKUT:

  1. SEMUA PENGURUS MAS PAS (5)
  2. 5 KOORDAPIL (5)
  3. 1 STAF HUMAS KOORDAPIL, DIPILIH YANG MEMILIKI KAMERA HP ANDROID (5)
  4. SEMUA KABID ATAU STAF DIPILIH YANG MEMILIKI KAMERA HP ANDROID (8)
  5. WAJIAH ATAU STAF (7)
  6. 5 UTUSAN ALEG

 

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat dengan harapan kegiatan ini menjadi sebuah upaya untuk memberikan kontribusi nyata dalam dakwah terutama di jalur media. Harapan kami, semoga kegiatan ini disertai partisipasi aktif dari berbagai pihak. Semoga dengan dukungan semua pihak yang memiliki keinginan sama untuk membangun Pasuruan ini melalui bidang jurnalistik, sehingga kegiatan tersebut diharapkan dapat berjalan lancar. Amin.

Pasuruan, 5 April 2016

Humas PKS Kabupaten Pasuruan,

Cak Ing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree