SELAMAT HARI NELAYAN, 6 APRIL, SEMOGA MAKMUR DAN SEJAHTERA

hari nelayan pkspasuruan

Pasuruan, pkspasuruan.org—Nyaris tidak ada pemberitaan besar-besaran, tidak ada acara live tv, talk show dan lain sebagainya, padahal hari kita ‘harus’ memperingati  HARI NELAYAN yang ‘harus’ kita rayakan setiap tanggal 6 April 2016.

Sepinya peringatan hari nelayan sepertinya seiring dengan nasib para nelayan Indonesia. Padahal kita sangat bangga dan kita teriakkan kemana-mana ke seluruh dunia bahkan, bahwa nenek moyangku adalah seorang pelaut. Kita juga bangga bahwa Indonesia adalah Negara poros maritim dunia, lautan kita adalah lautan yang sangat amat penting bagi pertumbuhan ekonomi dunia. Dan bahkan penyair terkenal, KHALIL GIBRAN pernah menggunakan kata pelaut dan laut sebagai perumpaan orang berkarakter hebat; ‘Di laut yang tenang takkan lahir pelaut yang ulung’

Namun, kalau kita lihat nasib para nelayan sangatlah tidak bisa kita banggakan. Profesi nelayan dianggap profesi rendahan, profesi ‘berbau amis’ dan kalau kita lihat tingkat kesejahteraan nelayan, mereka adalah golongan yang menyumbang 7,8 juta orang miskin dari 31 juta jumlah rakyat miskin di seluruh Indonesia.

Bahkan mereka sering dijadikan komoditas politik oleh para politikus saat pemilu dan kadang dijadikan alat propaganda oleh sang penguasa, kasihan!. Mereka dijanjikan berbagai rupa janji untuk peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran mereka, namun ketika pemilu berakhir, berakhir pula janji manis para politikus tersebut.

Dan yang lebih sangat memprihatinkan, profesi mereka yang pernah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia itu, bakal ‘punah’ karena anak muda sekarang menganggap sebagai profesi yang tidak mentereng dan keren.

Untuk itu, dengan semangat dan doa kepada Allah SWT semoga kehidupan nelayan Indonesia lebih adil dan lebih sejahtera seperti yang diharapkan, www.pkspasuruan.org ingin menyampaikan SELAMAT HARI NELAYAN, 6 April 2016 semoga antum semua sejahtera dan makmur sentosa. (cak ing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree