SINGKAT, PROFILE LEDIA HANIFA AMALIAH PENGGANTI FAHRI HAMZAH

ledia pkspasuruan

Pasuruan, pkspasuruan.org–Pasca dipecatnya Fahri Hamzah dari Partai dan posisinya di jabatan wakil ketua DPR RI, DPP PKS menunjuk Ledia Hanifa Amaliah menggantikan posisi Fahri Hamzah duduk di kursi pimpinan DPR. Reputasi Ledia cukup makan asam garam di Parlemen. Dia sudah dua periode tembus ke lembaga legislatif itu.

Ibu 4 orang anak tersebut lahir di Jakarta pada tanggal 30 April 1969. Dia disebut-sebut mulai terjun di dunia politik setelah Reformasi pada tahun 1998. Ledia menyelesaikan pendidikan strata 1 di Fakultas MIPA Universitas Indonesia (UI) dan melanjutkan studi di Magister Psikologi Terapan UI.

Ledia memulai karier sebagai staf RETAS Leadership Center pada tahun 1996-1998. Perempuan tersebut lalu menjadi staf Deputi Kewanitaan DPW Partai Keadilan Jakarta hingga tahun 1999. Politikus ini lalu menjajaki karier sebagai Ketua Deputi Pemberdayaan Wanita PKS Jawa Barat pada tahun 2000-2005. Pada rentang masa itu, dia juga menjadi pengurus Yayasan Uswah Ummmahat hingga tahun 2006.

Sebelum dibesut menjadi pengganti Fahri, Ledia merupakan Wakil Ketua Komisi VIII yang mengurusi soal agama, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Dia terpilih sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat I.

Sementara pada periode sebelumnya yaitu 2009-2014, Ledia pernah menjadi anggota Komisi IX, lalu dipindah ke Komisi VIII.

Selain aktif di komisi DPR, Ledia juga menjabat Ketua V bidang Kehumasan di Kaukus Perempuan Parlemen RI (KPPRI) periode 2009-2014, kemudian menjadi anggota Forum Parlemen Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan pada 2009-2014. Dia juga menjadi  Anggota Majelis Pertimbangan PP Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia serta Ketua III PP Wanita PUI.

Sementara jabatannya di struktur kepengurusan partai yang terakhir adalah sebagai Staf Bidang Kebijakan Publik DPP PKS untuk masa jabatan 2011-2015.

sumber: berbagai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree