BELAJAR PENERAPAN E GOVERNMENT, DPRD KABUPATEN PASURUAN KUNJUNGI KABUPATEN SLEMAN

h lutfi pkspasuruan.org

Sleman, pkspasuruan.org—Karena pengelolaan informasi dan komunikasi berbasis IT di Dinas Kominfo Pemkab Sleman yang sudah mumpuni, membuat daerah lain banyak yang melakukan kunjungan kerja ke kota yang dijuluki Kota Pelajar ini.

Begitu juga yang dilakukan oleh Komisi 1 DPRD Kabupaten Pasuruan yang melakukan kunjungan kerja dan menggali ‘ilmu’ ke Dinas Kominfo Pemkab Sleman pada Selasa (12/04). Kunjungan kerja yang dipimpin oleh Sofri Doni ini diikuti hampir seluruh anggota komisi 1 DPRD Kabupaten Pasuruan.

Salah satu ilmu penting yang diperoleh adalah penerapan e-Government yang mencakup semua usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan kepada masyarakat dengan  memanfaatkan teknologi informasi.

“Di sini, semua informasi dan layanan dari tingkat Kabupaten sampai desa sudah dikelola secara online dan layanan satu pintu langsung dikelola oleh Dinas Kominfonya, benar-benar menerapkan e government,” jelas H. Mada Lutfi, legislator PKS yang ikut serta dalam kunker DPRD kali ini.

Masih menurut legislator PKS yang terpilih dari Dapil 5 ini, diharapkan penerapan e government  di Pemkab Sleman ini bisa ditiru di Kabupaten Pasuruan,

.”Penerapan e government ini sangat banyak keuntungannya, selain untuk mempercepat layanan ke masyarakat juga menghindari layanan tatap muka langsung terutama Dinas Perijinan untuk menghindari KKN serta tentunya dengan e government pengawasan terhadap kinerja semua dinas di SKPD bisa dilakukan dengan mudah, efektif dan efesien,” jelas Lutfi .

“ Dan yang perlu dicatat, bahwa pemkab Sleman sudah mempersiapkan program e government ini sejak tahun 2004, sehingga mereka sangat siap baik infrastruktur maupun sumber daya manusianya untuk melakukan tata kelola pemerintahan berbasis tehnologi, semoga kabupaten Pasuruan yang kita cintai segera siap, “ pungkas Legislator PKS bersemangat.(nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree