PKS JATIM LATIH PARALEGALNYA UNTUK JALANKAN LAYANAN ADVOKASI KE MASYARAKAT

foto paralegal pkspasuruan

Surabaya, pkspasuruan.org-Bidang Politik hukum dan Keamanan DPW PKS Jatim, Minggu (10/04), menyelenggarakan Pelatihan Paralegal Tingkat Dasar untuk personal Bidang Polhukam DPD PKS se Jawa Timur. DPD PKS Kabupaten Pasuruan diwakili oleh Syaifudin Zuhri, (foto duduk nomer 2 dari kiri).

Paralegal PKS adalah personal yang ditunjuk dan dilatih khusus untuk berperan menjadi jembatan bagi masyarakat pencari keadilan yang bersama advokat dan aparat penegak hukum lainnya berusaha menyelesaikan masalah hukum yang dialami seorang individu maupun kelompok masyarakat.

Pentingnya pelatihan ini adalah karena terkait dengan program Berkhidmat untuk Rakyat nya DPP PKS yang harus diwujudkan dengan mendirikan Pusat Khidmat PKS sampai pada tingkat kabupaten atau bahkan kecamatan. Adapun Pusat /Rumah Khidmat secara spesifik akan memberi layanan berupa rumah sehat, rumah cerdas, rumah aspirasi, rumah keluarga Indonesia, dan bank sampah.

Sedangkan paralegal yang dilatih di Gedung TI no 153, Jl. Ahmad Yani Surabaya ini, diharapkan menjadi penanggung jawab rumah aspirasi yang didalamnya memberi layanan advokasi terhadap masalah hukum ditingkat dasar. Tanggungjawab lain yang harus dilaksanakan oleh paralegal PKS ini adalah terus menerus memberi penyadaran hukum kepada pimpinan, pengurus, kader, simpatisan dan tentunya kepada masyarakat umum.

Selain memiliki tanggung jawab utama tersebut, paralegal di rumah aspirasi PKS ini juga diharuskan menjalin hubungan dengan Posbakum setempat untuk dijadikan mitra strategis dalam menyelesaikan persoalan-persoalan hukum yang ada.

Adapun yang menjadi pemateri pada pelatihan ini antara lain Dr. Indah Cahyani, SH, MH, Dosen di Universitas Trunojoyo dan praktisi Hukum (Kabit Litbang di Konsultan dan Bantuan Hukum Mitra Bersama) untuk materi Pengantar Ilmu Hukum. Sementara untuk materi Hukum Perdata dan Pidana disampaikan oleh Dr. Nur Kholik, SH, MH, kader PKS yang merupakan advokat senior di Jawa Timur. Materi terakhir adalah Praktik Hukum di Indonesia, disampaikan oleh Dr. Nurul Anwar, SH, MH dari Helmi & Rekan yang juga Direktur Paham (Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia) Surabaya. (ing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree