HARI INI (16/04), PKS JATIM GELAR LOMBA BACA KITAB KUNING

kitab kuning pkspasuruan

Surabaya, pkspasuruan org.– Hari ini, Sabtu (16/04) PKS Jatim menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning bertempat di halaman Kantor DPW PKS Jatim. Lomba yang dibuka dengan tabuhan rebana oleh ketua DPW PKS Jatim ini diikuti oleh 119 peserta dari seluruh Jawa Timur termasuk 6 perwakilan dari Kabupaten Pasuruan.

Dalam sambutannya,  Ketua DPW PKS Jatim H. Arif Hari Setiawan menyampaikan bahwa Partai kEadilan Sejahtera didirikan untuk menyatukan kaum muslimin di Indonesia dan untuk berkhidmat untuk masyarakat. Masih menurut Ustadz Arief, orang – orang yang ada di PKS berlatar belakang dan berasal dari  berbagai kalangan dan organisasi keagamaan. Mereka ada yang dari NU, Muhammadiyah, Persis, dan lain-lain.
Selanjutnya, Ketua DPW yang dilantik  tahun 2015 lalu mengatakan bahwa kitab-kitab kuning adalah karya para ulama besar yang perlu dilestarikan dan dihidupkan kembali. Dan kita harus bersyukur karena dengan karya para ulama itu  kita mengenal Islam dengan baik. Ustadz  Arif mendorong para santri dan umat islam agar bersungguh belajar kitab kuning karena sumber ilmu agama dari kitab itu dan para santri ini merupakan calon-calon ulama yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“ Lomba ini sebagai penghargaan kepada para santri agar lebih semangat belajar kitab kuning,” punkas Pria yang tetap memilih tinggal di Malang ini

Lomba Baca Kitab Kuning tingkat Jawa Timur ini masih dalam rangkaian menyemarakkan Milad PKS yang ke 18. Juara untuk tingkat Jatim  selain mendapatkan hadiah uang tunai, juga akan dikirim untuk mewakili Jatim ke Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Nasional berhadiah umroh yang grand finalnya akan dialaksanakan tanggal 24 April 2016 nanti.

Terkait dengan lomba hari ini, panitia mengatur  lomba dibagi menjadi 2 babak.  Babak pertama penyelisihan, materinya bab sholat, nikah dan muamalah. Sedangkan untuk babak final nanti, semua materi yang ada dalam kitab Fathul Muin. Pada babak penyelisihan dibagi menjadi tiga ruang.  Di babak penyelisihan ini juri berasal dari Kemenag Propinsi Jatim. (tamim/ing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree