PKS PASURUAN ADAKAN DIKLAT JURNALISTIK DAN FOTOGRAFI UNTUK TIM MEDIANYA

diklat jurnalis pkspasuruan.org

Bangil,pkspasuruan-org.– Humas PKS Kabupaten Pasuruan  gelar pelatihan Jurnalistik dan Fotografi, Minggu (17/04). Pelatihan sehari yang dilaksanakan di salah satu resto di Bangil ini, menghadirkan 2 narasumber sekaligus. Heri Mulyo Cahyo, penulis online nasional dengan segudang prestasi dan karya serta Aferu Fajar, fotografer muda dengan syarat pengalaman, yang juga ketua Relawan Foto PKS Jawa Timur.

Dalam pelatihan yang dibuka oleh M. Zaini, Wakil Ketua Umum DPD PKS Kabupaten Pasuruan ini, para peserta diberikan pemahaman dan praktik mengenai tehnik menulis berita langsung atau straight news di media online. Materi ini disampaikan oleh Heri Mulyo Cahyo, Sedangkan Aferu Fajar mengupas tuntas tentang tehnik memotret bagus dengan menggunakan kamera hp dan kamera saku. Peserta sangat antusias mengikuti kedua sesi pelatihan ini. Ini bisa dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh kedua narasumber.

Pada sesi pertama yang berlangsung sebelum sholat dhuhur, Heri Mulyo mengawali materinya dengan menyampaikan beberapa kondisi mengapa kita harus belajar menulis. Setelah itu, narasumber yang tinggal di Lawang Malang ini lebih banyak menjelaskan bagaimana mengisi form laporan berita yang telah dibagikan ke peserta dan menjadikannya sebuah berita straightnews untuk dikirim ke situs resmi PKS Kabupaten Pasuruan, www,pkspasuruan,org.

Sementara itu Aferu Fajar yang menjadi narasumber materi Fotografi menekankan bahwa foto adalah alat berdakwah yang efektif dan efesien. Oleh karena itu betapa pentingya sebuah foto untuk mempengaruhi orang. Selanjutnya, koordinator RPF Jatim ini, lebih banyak memberikan wawasan dan tehnik pengambilan foto yang baik dan bermakna. Setelah hampir 1 jam memberikan materi fotografi, Aferu memberi tugas kepada semua peserta untuk memotret objek apa saja menggunakan kamera hp  dengan menggunakan tehnik-tehnik yang sudah dijelaskan.

Salah satu peserta mengakui pelatihan ini menambah wawasannya dalam dunia media massa dan teknik membuat berita.  “Tadinya saya tidak paham cara membuat berita dan memeotret yang bagus menggunakan kamera hp atau kamera saku. Setelah ikut pelatihan ini, sekarang jadi tahu dan lebih,” katanya dengan mantap.

Sementara itu, saat dimintai penjelasannya mengenai maksud dilaksanakannya diklat ini, humas PKS Pasuruan mengatakan bahwa diharapkan setelah pelatihan ini, setiap peserta memiliki ketrampilan menulis laporan berita sesuai format yang ada serta bisa mengirim foto-foto kegiatan dengan kualitas yang baik. Dan selanjutnya, semua peserta siap  menjadi kontributor berita untuk www.pkspasuruan.org dan influencer di berbagai sosial media. (dut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree