IBU-IBU RUMAH TANGGA IKUTI TRAINING JURNALISTIK PKS KABUPATEN PASURUAN

beritapgatok pkspasuruan

Bangil, pkspasuruan.org.–Minggu tanggal 17 April 2016 bertempat di rumah makan Sebani Jl Raya Bangil Pandaan Km 1 Bangil Pasuruan dilaksanakan pelatihan Jurnalistik dan Fotografi oleh PKS Kab Pasuruan

Acara yang sangat menarik tersebut dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan, tercatat para mahasiswa, akademisi dan juga tidak ketinggalan adalah ibu-ibu rumah tangga juga menghadiri acara tersebut.

Acara tersebut dibuka oleh salah satu anggota Dewan asal PKS Kabupaten Pasuruan, M Zaini SE yang menjelaskan pentingnya jurnalistik di era modern ini. Pria yang juga pengusaha ini, menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan melahirkan para jurnalistik yang independen dan mumpuni dan memunculkan media alternatif bagi masyarakat.

Dalam acara tersebut sebagai pembicara adalah Heri Mulyo Cahyo, penulis online profesional dan Aferu Fajar Owner Batik Suminar Kediri yang juga anggota RPF Jawa Timur. Kedua orang yang berpengalaman dibidang jurnalistik dan fotografi ini menyampaikan ilmu dan pengalaman mereka kepada peserta pelatihan.

Narasumber pertama yang menyampaikan materi pelatihan adalah Heri Mulyo Cahyo.

Pria yang telah berpengalaman dibidang jurnalistik ini memberikan materi jurnalistik yang sangat penting bagi para peserta jurnalistik. Heri menitik beratkan bahwa media sekarang ini di dominasi oleh media sosial yang tersebar di dunia maya. “Bahkan saya perkirakan beberapa tahun kedepan media cetak dan media elektronik seperti koran, majalah dan TV akan habis masanya,”imbuhnya

Suasana dalam pelatihan ini membangkitkan semangat para peserta untuk langsung terjun menjadi jurnalis. Bahkan lebih jauh, salah satu peserta, seorang ibu rumah tangga ketika disesi tanya jawab langsung bertanya tentang cara efektif untuk menulis buat pemula dan bagaimana cara menanggapi berita negatif di media sosial. Heri dengan santai beliau mengatakan bahwa cara paling efektif adalah menulis dan menulis, lakukan terus menerus dan jangan menanggapi komentar negatif yang muncul karena energi kita akan habis buat hal hal yang tidak produktif”

Di sesi kedua Aferu Fajar manyampaikan materi tentang teknik Fotografi. Pria tinggi asal Kediri ini, memulai materi dengan menayangkan film tentang dunia perang foto, para peserta sangat tertarik dengan film yang ditayangkan oleh pemateri. Kemudian dia menyampaikan beberapa teknik teknik dasar fotografi menggunakan kamera yang dimiliki.

Menariknya, Aferu menyampaikan bahwa kamera handphone yang dimiliki oleh semua orang dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik dan setara dengan kamera DSLR asalkan digunakan dengan tepat dan benar. Selanjutnya, Aferu menugaskan kepada semua peserta untuk mengambil gambar dengan kamera handphone dan mengevaluasi semua hasil jepretan para peserta.

Acara ditutup oleh Humas PKS kabupaten Pasuruan Moh Nur Mu’minul dengan membagikan pin gratis sebagai simbol bergabungnya para peserta menjadi kontributor news www.pkspasuruan.org dan pengumuman lomba penulisan berita yang akan dimuat di media tersebut.(gatot/duro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree