TINGKATKAN WAWASAN TENTANG PUASA DAN KESEHATAN, PKS PASURUAN ADAKAN HALAQOH KADER KUBRO (HKK)

kubro 0

Bangil, pkspasuuan.org—Kalau saudara-saudara kita di NU, sering menyelenggarakan istighosah kubro, tahlil kubro, dll maka PKS Kabupaten Pasuruan, di Bulan Ramadhan ini, menyelenggarakan kegiatan yang diberi nama Halaqoh Kader Kubro (HKK), Minggu (12/06). Ini tentunya bukan ‘latah’ atau sekedar ikut-ikutan saudara nahdyin saja, namun sebagai bentuk usaha untuk meniru yang baik dan berlomba-lomba dalam kebaikan (Fastabiqul Khoirot).

kubro 1

Kegiatan yang diikuti oleh semua kader terbina se Kabupaten Pasuruan ini, diadakan di kecamatan Bangil. HKK yang diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 12 Juni 2016 ini adalah HKK yang kedua setelah yang pertama dilaksanakan pada tangal 5 Juni 2016.

kubro 3

Kali ini, Halaqoh Kader Kubro diisi oleh narasumber dari Malang, dr. Arif Alamsyah MMRS. Tema yang diambil adalah RAMADHAN MAKE HEALTHY (Ramadhan Membuat Sehat). Menurut tim kaderisasi DPD PKS Kabupaten Pasuruan, tema ini dipilih dan perlu disampaikan kepada kader PKS di Kabupaten Pasuruan agar para kader memiliki wawasan tambahan mengenai pentingnya Puasa bagi kesehatan jasamani dan rohani.

kubro 4

Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh pria yang juga seorang Trainer Nasional ini:

  • Puasa dan aspek kedokteran pencegahan
  • Salah satu masalah di Indonesia : Milenium yang baru ini membuat kita berhadapan dengan penyakit-penyakit yang tidak ditularkan lagi. Karenanya disebut sebagai Non-Communicable Diseases (NCDs) seperti penyakit jantung, stroke, penyakit saluran pernafasan yang bersifat menahun dan diabetes . Semuanya itu menjadi penyebab kematian utama di dunia saat ini. Penyebabnya? Pasti bukan infeksi atau ketularan dari orang lain, tapi hampir pasti karena ada yang ‘berubah’ dari si penderitanya.
  • Pelajaran dari sebuah hadist nabi sebagai panduan agar lebih hati-hati dalam menjalani hidup yaitu ada 2 nikmat yang kebanyakan manusia lalai daripadanya: kesehatan dan waktu
  • .Puasa sangat relevan dengan target gaya hidup versi WHO: Cek kesehatan rutin, Enyahkan Rokok, Rajin Cek Fisik, Diet Sehat dan Seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola Stress
  • Ada 2 hal yang harus terus menerus kita cek dalam hidup manusia: Phisical Fitness dan Kesehatan Phsycosocial
  • bersambung..(duro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree