5 NILAI YANG HARUS DIPERTAHANKAN SETELAH RAMADHAN

sholat ied pkspasuruan

Bangil, pkspasuruan.org—Setelah sibuk membantu Bidang Kepanduan dan Olah Raga (BKO) PKS Kabupaten Pasuruan mendistribusikan bantuan untuk para korban banjir Pasuruan, Kabid Humas, M Nur lebih banyak melakukan aktivitas individual dan keluarga. Namun kabar yang dimuat di pkspasuruan.org ini, tentu, tidak ingin mengabarkan aktivitas tersebut. Namun Mas Pas (Humas PKS Pasuruan) hanya bermaksud berbagi intisari ceramah Iedul Fitri di lapangan Masjid Al Irsyad Bangil yang dihadiri oleh Kabid Humas dan keluarga besarnya, Rabu pagi (06/07).

Sholat ied di lapangan yang berada di samping Masjid tersebut dimulai tepat jam 06.00. Sholat ied kali ini sedikit berbeda karena yang menjadi Imam dan Khotibnya, orangnya sama yaitu Ustadz Muhalimin, LC, MA dari Surabaya. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya yang menjadi imam sholat biasanya Ustadz Sofi, Imam tetap sholat shubuh di  masjid Al Irsyad

Berikut inti sari dari ceramah yang disampaikan ustadz Muhalimin yang juga seorang pengajar di Ma’had Umar Bin Khattab ini:

Setelah kita ditinggal bulan yang penuh barokah, penuh ampunan dan penuh rahmat Allah sekarang yang harus yakini adalah keyakinan bahwa Allah telah mengampuni dosa kita. Keyakinan itu harus diikuti dengan keyakinan bahwa kita harus mampu mempertahankan nilai-nilai Ramadhan untuk kita terus lakukan di 11 bulan mendatang.

Ustadz yang juga seorang Hafidz ini mengingatkan bahwa selama bulan ramadhan kita semua sudah ditempa  dengan melakukan banyak ibadah tanpa gangguan setan karena di bulan Ramadhan, Allah membelenggu para setan yang sering membuat kita lalai dalam ibadah. Hasil tempaan itu seharusnya bisa kita lakukan di bulan-bulan mendatang. Kita harus bisa memelihara kemesraan dengan Allah yang sudah sukses kita lakukan selama bulan Ramadhan.

Ada banyak nilai di bulan Ramadhan yang harus tetap kita pertahankan untuk 11 bulan mendatang sebagai bukti bahwa ‘Kelas’ Ramadhan kita berhasil kita dapatkan. Nilai-nilai itu antara lain Kejujuran, Kesabaran, Keikhlasan, Keteguhan pendirian dalam kebenaran, Kesungguhan atau Mujahadah dalam ibadah, dan yang kelima adalah Keteguhan dalam aqidah.Selanjutnya, Ustadz Muhalimin ini memberi intisari bahwa salah satu nilai Idul fitri adalah saling bersilaturahim dan saling bermaafan. (ing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree