PETIKAN TAUJIH USTADZ LUTFI HASAN ISHAAQ DARI SUKAMISKIN

Bangil, pkspasuruan.org–Imam Santoso, teman facebooker, beberapa hari yang lalu mengunjungi Ustadz Lutfi Hasan Ishaaq (mantan Presiden PKS) di Sukamiskin. Imam dan rombongan dari keluarga besar pesantren Nurhasanat bertemu langsung dengan Ustadz Lutfi. Dari foto yang dikirim di laman facebooknya, nampak Ustadz Lutfi dalam kondisi sehat dan segar, Dan yang penting dalam pertemuan Imam Santoso dan rombongan dengan ustadz asal Malang itu ¬†adalah taujih yang disampaikan oleh ustadz Lutfi kepada rombongan, Berikut petikan taujih Ustadz Lutfi tentang musibah dan sabar, semoga kita bisa memetik hikmahnya:

1. Musibah, ujian atau apapun kalimat padanannya adalah satu persyaratan untuk naik dan sukses. Maka menjadi penting cara pandang kita terhadap “musibah” yg di sekenariokan oleh Allah…
2. Parameter persepsi seperti apa yang mesti di jadikan patokan? Di sinilah manusia diberikan kebebasan memilih. Tetapi dalam islam memilih itu ada panduan, ada acuannya. Panduannya adalah Syariah. Bukan hanya sekedar menurutkan selera pribadi sesaat apalagi menyesuaikan selera dengan “opini publik”.
3. AlQuran dan hadits adalah kepastian kebenaran, kepastian patokan dan kepastian jaminan keselamatan baik di alam sementara ini maupun di alam abadi..
4. Dahulukan huznudzon kepada Allah dalam segala sesuatu yg telah terjadi dan yang akan terjadi agar menghasilkan pola pikir yg terbimbing secara robbani & cara bersikap yg berbuah hikmah…
5. Rendah hati & bersungguh sungguh dalam memahami pemberian Allah tanpa harus “menilai ” dengan sekehendak hatinya, kemudian dilanjutkan dengan terus belajar memperbaiki diri dan istiqomah dalam amal seraya berusaha mendekat dan memohon petunjukNya.
6. Bersabar bukanlah menyerah, tetapi mengambil pelajaran dari peristiwa yg sudah terjadi, ridho atas keputusan yg sekarang terjadi dan merencanakan hari esok utk yg lebih baik.
7. Maka dari itu sabar berbeda 180 derajat dengan “menyerah” atau kalah, sabar adalah dinamika yang dinamis & produktif untuk tidak lelah mengikuti jejak Rasulullah Muhammad SAW.
8. Sekali lagi sabar bukanlah menyerah atau pasrah pada keadaan, tapi pasrah pada Allah, kemudian melakukan perubahan agar keadaan menjadi lebih baik. Kalau kita baik maka semua orang mencintainya. Tetapi berusaha merubah kearah perbaikan, maka akan ada resiko dan ujian yg besar. Dan ujian itu pasti sesuai kemampuan manusia.
9. Ketika orang kafir melakukan makar, orang beriman jangan membalas dengan makar lagi. Karena makar itu hak Allah, biarlah Allah yg membalas makar mereka. Orang beriman harus terus melakukan ma’ruf bukan makar.
10. Orang beriman harus terus melakukan sesuatu yg bermanfaat dimana saja berada. Termasuk disini di Sukamiskin. Kalau disini tidak perlu dikhawatirkan, karena serba terbatas. Justru yg dikhawatirkan diluar, ketika fasilitas terbuka, kenikmatan terbuka, apakah masih tetap istiqomah dalam jalan Syariah dan jalan Dakwah.
Wallahu a’lam bish shawab

3 Responses to PETIKAN TAUJIH USTADZ LUTFI HASAN ISHAAQ DARI SUKAMISKIN

  1. SubhanAllah… Taujih yang menyejukkan disaat kita butuh siraman Manhaj Robbany yang komprehensif

  2. allamal furqon says:

    Masya Allah, doakan kami termasuk golongan orang orang yang sabar

  3. ngadimin says:

    Sungguh…sungguh..sungguh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree