KOMENTAR KADER PKS TENTANG DITETAPKANNYA BANGIL SEBAGAI IBUKOTA

yuk klik pkspasuruan

Bangil, pkspasuruan. org– Presiden Jokowi sudah menandatangani dan menerbitkan peraturan pemerintah no 26 tahun 2016 yang menetapkan Kecamatan Bangil menjadi ibu kota kabupaten Pasuruan menggantikan Kota Pasuruan.

Penetapan ini, tentunya, ditanggapi beragam oleh kader-kader PKS Kabupaten Pasuruan. Rata-rata mereka bersyukur atas penetapan tersebut. Bangil menurut mereka memang layak menjadi Ibu Kota Kabupaten Pasuruan kerena banyak faktor yang mendukung. Namun ada beberapa komentar kritis dan bersifat usul dari kader Parkesekabpas (Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Pasuruan). Inilah komentar para kader PKS secara lengkap:

M. Zaini, Legislator PKS

Saya tentu bangga akhirnya upaya pemerintah daerah Pasuruan tercapai. Namun penetapan tidak boleh membuat kita terlena dan santai. Eksekutif dan legislatif harus kompak agar Bangil segera definitif menjadi ibu kota. Penganggaran harus fokus mewujudkan sarana dan prasarana yang komplit serta penyelesaian pembangunan infrakstruktur secara cepat, selanjutnya, secara spesifik,  yang harus segera dipindahkan adalah rumah dinas Bupati dan wakil Bupati ke Bangil,  jadi bukan hanya kantornya saja yang pindah. Hal ini dimaksudkan agar ‘hawa’ bangil sebagai ibu kota bisa ikut dirasakan kedua pemimpin kita. Hal strategis lainya adalah kalau ada permasalahan dan pengaduan masyarakat bisa cepat diselesaikan. Sedangkan pendopo lama bisa dikelola oleh dinas Paiwisata untuk menjadi cagar budaya Kabupaten Pasuruan,

Selain itu juga harus dipikirkan membuat jalur lingkar utara di pesisir laut masuk luar kota bangil dan keluar di wilayah kecamatan Raci agar permasalahan menahun banjir bisa segera teratasi dan memegmbangkan perekonomian warga di pesisir pantai. Pembangunan jalan tersebut akan membuat kondisi jalannya representatif untuk kendaraan besar bukan hanya untuk kendaraan kecil saja

Ida Rochmawati, Pemerhati Keluarga Islami dan Trainer

Allhamdulilah, Mantap! Harapannya Kecamtan Bangil akan berkembang lebih pesat daripada kecamatan-kecamatan lain. Bangil akan menjadi sentra usaha seperti kecamatan-kecamatan yang lain seperti Kecamatan Pandaan, Beji dan Gempol….

Allamal Furqon, Koordapil 5 PKS Kabupaten Pasuruan

Semoga semakin bertambah maju Pasuruan kita. Pertanyaannya apakah pendopo dan rumah dinas bupati dan wakil bupati, juga harus pindah?. Hal ini juga harus segera dipikirkan oleh pemda Pasuruan.

Abu Aiman, Penggiat Pertanian 

Saya bersyukur dan tentu perlu diimbangi dengan percepatan pembangunan infrastruktur di birokrasi, Sumber Daya Manusia dan sarana prasarana yang mendukung. Masyarakat tentu menunggu perubahan-perubahan yang signifikan akan penepatan Bangil sebagai ibu kota Kabupaten Pasuruan karena mereka telah melakukan kewajibannya dengan membayar pajak. Barokallah

Dedi Irawan, Ketua DPC PKS Purwodadi

Langkah awal perubahan agar Kabupaten Pasuruan benar-benar “Maslahat”, agar kata tersebut bukan sekedar jargon.

Mukminul, simpatisan PKS dari Desa Kalirejo, Bangil

Ada 3 hal yang harus dikritisi

Pertama, sejak dulu Bangil ini telah menjadi ‘pusat’ bagi masyarakat Pasuruan. Coba kita lihat setiap ada perlombaan tingkat nasional nama Bangil sering dijadikan wakil atau representasi masyarakat Bangil. Jadi jika penetapan itu hanya sekedar pindah lokasi pendopo dan lain-lain tidak akan bemanfaat apa-apa buat masyarakat Bangil dan Kabupaten Pasuruan

Kedua, masyarakat harus mengawal implementasi penetapan ini, terutama berkenaan dengan langkah-langkah strategis dan pendanaan. Karena terkait 2 hal tersebut akan menentukan seberapa besar manfaat Peraturan Pemerintah no 26 Tahun 2016 itu untuk Bangil, masyarakat dan Kabupaten Pasuruan.

Perlu dilakukan seminar/lokakarya/ atau apa saja yang mendiskusikan tentang langkah-langkah strategis tersebut dan dihadiri oleh Tokoh dari Eksekutif, Legislatif, Masyarakat dan Ulama serta mengundang pakar yang paham mengenai sejarah, tata kota dan pengembangan Bangil sebagai ibukota.

Ketiga, jangan sampai penetapan ini nanti hanya diikuti oleh acara-acara seremonial seperti tasyakuran atau festival yang hanya berat di biaya namun tidak berdampak apa-apa.

2 Responses to KOMENTAR KADER PKS TENTANG DITETAPKANNYA BANGIL SEBAGAI IBUKOTA

  1. zein says:

    Mukminul itu siapa ya ? Komentarnya sangat berbobot dan berat.. sekelas pakar berstandard nasional

  2. Benny Ariefin, Pemerhati Masalah Transportasi says:

    Alhamdulillah…Bangil jadi Ibu Kota Pasuruan, mungkin perlu dilakukan pembenahan di jalur transportasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree