LEGISLATOR PKS: PERDA PELAYANAN PUBLIC DORONG PEMKOT KERJA CEPAT

pkssemarang pasuruan

Semarang, pkspasuruan.org– Pelayanan Publik Pemerintah Kota Semarang seperti pembuatan KTP, Kartu Keluarga, akta dan perijinan-perijinan yang dibutuhkan masyarakat di tuntut untuk lebih cepat dalam prosesnya. Untuk mendorong hal ini, DPRD Kota Semarang melalui Pansus telah membahas Perda terkait pelayanan publik. Hal ini disampaikan oleh Johan Rifai Anggota Dewan dari Fraksi PKS (2/8).

Johan menegaskan melalui perda ini akan di atur apa saja kewajiban pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jika selama ini pelayanan publik termasuk pengurusan ijin yang dinilai masyarakat terlalu berbelit-belit, untuk kedepannya sudah harus diperbaiki agar lebih memudahkan.

“Kami ingin mendorong agar pelayanan publik semakin baik dan memberikan kemudahan bagi masyarakat, jika mudah tidak perlu di persulit, untuk itu Perda ini mengatur dan menjadi landasan bagi Pemkot untuk memperbaiki tata kelola administrasi pemerintah dalam hal pelayanan publik,” ungkap Johan.

Bahkan dalam Perda ini mengatur sangat detail tentang berapa lama waktu pengurusan sebuah dokumen atau perijinan. Johan mengatakan bahwa setiap pengurusan dokumen ada target waktu yang harus di tepati supaya tidak molor, misalnya saja untuk pengurusan KTP tidak boleh lebih dari satu minggu.

“Semua proses perijinan maupun permohonan dokumen kepada pemerintah semua di atur, bahwa lama waktu proses perijinan juga di atur, karena ini masuk dalam Perda, maka pemerintah wajib berupaya agar proses lama waktu pelayanan publik sesuai dengan Perda nantinya, jika lebih lama bisa dijatuhi sanksi, misal KTP di Perda tertulis maksimal satu minggu, jika ada di lapangan ada laporan dari masyarakat lebih dari satu minggu, maka petugas Pemkot bisa diberikan sanksi”, terang politisi PKS ini.

Johan menambahkan upaya ini dilakukan sebagai langkah untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik menuju Kota Metropolitan yang lebih kuat lagi. Apabila pelayanan publik baik dan cepat juga bisa menjadi pendorong aktifitas ekonomi yang lebih baik. Sehingga mimpi Kota Semarang menjadi kota berbasis perdagangan dan jasa yang kuat bisa diwujudkan.

“Tantangan dan persaingan global semakin ketat, kota semarang juga harus menjadi daya tarik, salah satu langkah pentingnya adalah dalam kemudahan pelayanan publiknya, sehingga kota Semarang bisa lebih bangkit lagi dan siap bersaing dengan kota metropolitan lainnya,” pungkasnya. (rth)

sumber: pkssemarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree