TERTARIK ‘MINI LAB FOOD SECURITY’, KOMISI 2 DPRD KAB PAS KUNKER KE DISPANGTA KOTA BANDUNG

kunker dispangta bandung

Bandung, pkspasuruan.org- Muhammad Zaini, wakil ketua komisi 2 DPRD Kabupaten Pasuruan mengikuti kunjungan kerja ke Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Jumat (17/02). Tujuan kunjungan kerja komisi 2 DPRD Kab Pas kali ini adalah belajar dari DISPANGTA Kota Bandung yang melakukan inovasi terkait pengelolaan makanan di pasar modern maupun tradisonal, yakni, Pengadaan Mini Lab Food Security.

Mini Lab Food Security ini wajib berada di seluruh pasar modern dan pasar tradisional kota Bandung. Maksud dari keberdaaan mini lab ini adalah untuk mengecek langsung kondisi makanan segar yang dijual di pasar modern atau pasar tradisional. Proses pengecekan dilakukan secara sederhana saja, hanya dengan mengambil sampel, bisa mengetahui, apakah di setiap makanan segar yang dijual terdapat kandungan berbahaya atau tidak, higienis atau tidak.

Selain itu, program lab yang mungkin satu-satunya di Indonesia ini juga bisa mengecek tes halal dan haram, sehingga bisa mengetahui, apakah daging yang dijual, daging celeng atau bukan dan juga ada durante tes untuk mengetahui daging yang dijual tiren atau bukan. Ada juga tes kandungan pestisida tes, clorin tes, boraks tes, dan formalin tes.

KADISPANGTA Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan bahwa tahun ini pemkot Bandung sudah memiliki Mobile Mini Lab Food Security. Tujuan mobil ini untuk meningkatkan pelayanan dan pengawasan makanan terutama di pasar-pasar tradisional yang dimiliki pemkot Bandung.

Sementara itu, Muhammad Zaini, aleg PKS Kab Pasuruan yang ikut dalam kunker tersebut mengatakan bahwa inovasi brilian DISPANGTA kota Bandung berupa Mini Lab Food Security terutama yang berupa mobil ini diharapkan bisa diadopsi oleh pemda Kabupaten Pasuruan dalam hal ini Disperta Kab Pasuruan. (duro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Spam Protection by WP-SpamFree